Rabu, 31 Agustus 2011

Arti Dari Warna Cat Rumah Anda


Manusia melakukan segala sesuatu berawalkan dari Imajinasi yang di teruskan sebagai tindakan yang nyata dan terkadang tercurah dalam catatan sehingga menghasilkan sebuah pengetahuan baru. Pengetahuan terkadang sifatnya terbatas tergantung kemampuan individu. Sedangkan Imajinasi tak pasti seberapa batasannya melingkupi dunia dan yang jelas dari imajinasi inilah terjadi atau ditemukan suatu ilmu pengetahuan baru.

Sebuah warna dihasilkan dari campuran dua warna lain yang dikenal sebagai metamer. Beberapa warna, seperti kuning dan ungu, ketika salah satu warna tersebut tidak ikut dicampur maka akan menghasilkan warna putih terang. Kombinasi warna ini dikenal sebagai pelengkap atau warna turunan.

Berikut ini keterangan beberapa pilihan warna cat serta penjelasan Arti warna dan pengaruhnya bagi suasana hati Anda:

ARTI WARNA MERAH.

Warna merah di daerah spektrum bisa di artikan sebagai warna yang menggambarkan perasaan hangat. Warna ini membangkitkan emosi mulai dari perasaan hangat dan nyaman bahkan perasaan marah dan permusuhan.

Dalam kebudayaan mesir bahkan china kuno, mempraktekkan chromotherapy atau penggunaan warna sebagai media dalam penyembuhan. Chromotherapy kadang-kadang disebut sebagai terapi cahaya atau colourology. Warna merah digunakan untuk merangsang tubuh dan pikiran serta meningkatkan sirkulasi.Teknik penyembuhan ini masih digunakan sampai saat ini sebagai pengobatan alternatif.

ARTI WARNA PUTIH (umum digunakan)

Putih melambangkan kesucian atau kemurnian, serta merupakan warna netral yang cocok diaplikasikan dengan warna apapun, dapat juga menggambarkan kesan dingin, lemah lembut dan steril. 

Pengunaan warna putih yang cerah dalam ruangan akan memberi kesan luas, bersih, terang dan megah. namun juga memberikan kesan kosong dan tidak ramah. Rumah sakit biasanya menggunakan warna putih untuk memberikan kesan bersih dan steril.



ARTI WARNA HIJAU


Hijau adalah warna yang dingin atau sejuk. yang melambangkan alam dan kehidupan alam. Hijau juga mencerminkan ketenangan, kesehatan, dan kecemburuan. Sejak jaman dulu warna hijau merupakan simbol kesuburan. Hasil penelitian menemukan bahwa hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca. Suatu Riset yang dilakukan pada beberapa orang ditemukan bahwa peletakan transparan lembar kertas berwarna hijau di atas bahan bacaan meningkatkan kecepatan membaca dan memahami.Hijau sering digunakan dalam dekorasi untuk memberi efek ketenangan. Misalnya, dekorasi ruang tamu di kantor-kantor sering mengkombinasikan warna hijau dan sebuah taman mini untuk memberi kesan santai dan bersahabat. Warna hijau dapat juga membantu pikiran menjadi rileks bahwa dapat mereduksi stress dan membantu penyembuhan. Orang-orang yang suka akan alam biasanya jarang memiliki keluhan sakit kepala dan sakit perut.

ARTI WARNA KUNING

Kuning yang terang sering digambarkan sebagai riang dan hangat. Namun warna kuning dapat membuat lelah mata karena banyaknya jumlah cahaya yang tercermin. Menggunakan kuning sebagai latar belakang di atas kertas atau monitor komputer dapat mengakibatkan sakit mata atau kesulitan pandangan dalam kasus ekstrim. Kuning juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kuning juga dapat menciptakan perasaan marah dan frustrasi. Meskipun dianggap sebagai warna ceria, orang lebih cenderung kehilangan kesabaran jika berada dalam ruang berwarna kuning dan seorang bayi cenderung menangis lebih sering jika ditempatkan di kamar berwarna kuning. Karena warna kuning mengandung banyak jumlah cahaya, maka penggunaan warna kuning biasanya untuk menarik perhatian, hal ini dapat dilihat pada penggunaan warna kuning pada rambu-rambu lalu lintas atau iklan.

ARTI WARNA BIRU


Biru merupakan warna yang paling disukai banyak orang terutama kaum adam. Biru memberikan kesan ketenangan pikiran atau perasaan tenang. Hal ini sering digambarkan sebagai damai, tenang, aman, dan tertib. Namun biru juga dapat menciptakan perasaan kesedihan atau sikap acuh tak acuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan warna biru untuk ruang kantor akan membawa pengaruh positif terhadap produktivitas karyawan. Meskipun warna biru adalah warna yang popular, namun biru dapat mempengaruhi selera makan, pada riset penurunan berat badan, salah satu terapinya adalah menggunakan piring warna biru untuk menyajikan makanan. Warna biru natural pada buah dan sayuran hanya terdapat pada buah blueberry dan plum, bahkan warna biru bila dikaitkan dengan makanan biasanya memberi kesan makanan yang beracun. Warna biru juga dapat menurunkan pulse rate dan suhu tubuh.

ARTI WARNA UNGU

Ungu adalah simbol dari royalti dan kekayaan, juga melambangkan kearifan dan spiritualitas.Warna ungu dalam fenomena alam jarang terjadi, namun jika muncul akan menimbulkan kesan eksotik atau artifisial.

 ARTI WARNA COKELAT

Coklat adalah warna yang alami yang dapat membangkitkan kekuatan dan kehandalan. Coklat juga dapat menciptakan perasaan sedih dan terisolasi. Coklat cenderung membawa pikiran pada rasa kehangatan, kenyamanan, dan keamanan. Hal ini sering digambarkan sebagai alam, membumi dan konvensional, tetapi juga dapat menimbulkan keindahan natural.
ARTI WARNA ORANYE
 
Oranye adalah kombinasi kuning dan merah dan dianggap sebagai warna yang energik. Warna oranye dapat membangkitkan kegembiraan, antusiasme, dan kehangatan, selain itu warna oranye sering digunakan untuk menarik perhatian, seperti rambu lalu lintas dan iklan disamping warna kuning.

ARTI WARNA PINK

Pink pada dasarnya adalah warna merah terang dan biasanya diasosiasikan dengan cinta dan romantis. Warna pink juga dapat memberikan efek ketenangan.

Demikian bahasan mengenai Arti Dari Warna Cat Rumah Anda. semoga bermanfaat :)

http://beny-abdullah.web.ugm.ac.id

By Afridjal Ottohyat with 1 comment

1 komentar:

Bermanfaat banget buat saya yang mau merenovasi ulang warna Cat Rumah. Dengan mengetahui Makna Warna Rumah saya lebih percaya diri untuk memilih warna cat yang sesuai dengan karakter keluarga dan lingkungan di tempat tinggal. Makasih informasinya....

Posting Komentar