Jumat, 30 September 2011

Jenis-Jenis Genteng

Kali ini saya akan membahas mengenai Jenis-Jenis Genteng yang terdapat pada rumah tinggal pada umumnya. Langsung saja, berikut liputannya:

1. Genteng tanah liat

Genteng jenis ini terbuat dari tanah liat yang di-press(tekan sedemikian rupa) kemudian dipanaskan dengan bara api dengan derajat kepanasan tertentu. Daya tahan genteng jenis ini sangat kuat sekali. Rangak diperlukan dalam pemasangannya, mekanisme pemasangan kunci/kaitan genteng  pada rangka penopang. Ada beberapa bentuk genteng yang terbuat dari material tanah liat:

 Genteng Kodok

 kodok.jpg
Panjang : 27,5 cm
Lebar : 22,50 cm
Berat : 1,5 kg
Jumlah/m2 : 25 pcs

Genteng Morando

morando.jpg
Panjang : 33 cm
Lebar : 23 cm
Berat : 2,25 kg
Jumlah/m2 : 15 pcs
Berglazur Rp 2.200
Natural Rp 1.500

Genteng Ideal

ideal.jpg
Panjang : 30,15 cm
Lebar : 24,15 cm
Berat : 1,7 kg
Jumlah/m2: 24 pcs
Berglazur Rp 5.600
Natural Rp 1.000

Genteng Plentong

plentong.jpg
Panjang : 27,5 cm
Lebar : 22,50 cm
Berat : 1,5 kg
Jumlah/m2 : 25 pcs

Genteng Mardional

mardional.jpg
Panjang : 41 cm
Lebar : 26 cm
Berat : 3,2 kg
Jumlah/m2 : 15 pcs
.
2. Genteng metal/berbahan logam


Pemasangan genteng ini tidak jauh beda dengan genteng dari tanah liat. Lebarnya genteng ini mempercepat waktu pengerjaan sebuah rumah. Genting jenis ini biasanya memerlukan sekrup untuk pemasangannya karena secara bobot geteng jenis ini lumayan ringan sehingga mudah terbawa angin.












3. Genteng keramik



Genteng ini memiliki warna yang cukup banyak karena pada saat proses finishingnya dilapisi pewarna  pada bagian atasnya (glazur). Bahan utama genteng ini adalah keramik. Bertmpu pada rangka kayu atau beton.






4. Genteng aspal

Terdapat 2 bentuk model yaitu model datar yang terbaut pada triplek dan bentuk bergelombang yang dibaut pada rangka atap. Bentuknya yang lebar dan ringan membuat atap ini sering diapakai untuk atap pada bangunan tambahan seperti garasi.



5. Genteng kaca

Genteng ini dipakai agar sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan secara langsung sehingga menghemat konsumsi listrik untuk penerangan. Material genteng ini terbuat dari kaca. Genteng ini mempunyai bentuk yang terbatas sehingga kompatibel/sesuai dengan beberapa jenis genteng tertentu saja.


By Afridjal Ottohyat with 1 comment

1 komentar:

Poskan Komentar